Sabtu, 12 Juni 2010

Jangan Jadi Seniman di Indonesia (part 1)

Capek dengan semua kasus pembajakan di Indonesia. Semua seniman, artist, dan pengrajin semacam saya, pasti nggak mau hidup di Indonesia. Jawabannya ngga lain dan ngga bukan adalah masalah pembajakan.

Anda membuat lagu, lalu lagu anda dibajak, dijadikan MP3. Semua orang punya lagu anda, tapi anda tidak mendapat apa-apa. Begitu juga dengan pengarang buku, anda sudah capek mengarang buku. Misal buku kerajinan tangan, lalu buku anda di scan, lalu dijadikan e-book. Terus dijual, dan anda tidak mendapatkan keuntungan dari buku anda.

Itulah Indonesia.
Terus terang saya gemes banget, dan ini mungkin sudah puncak kegemesan saya. Mungkin anda pernah denger kata-kata ini. "Pingin buat kerajinan tangan untuk mendekorasi rumah anda, tapi ngga ngerti caranya. Pingin beli bukunya, tapi terkendali harga. Kami lah solusi untuk anda, e-book kerajinan tangan, 100 ebook=Rp 100.000, dan bla-bla-bla"

Sebenernya saya pernah nyobain beli, dan rasanya menyesal seumur hidup, karena isi ebooknya mengecewakan. Ngga bisa kebaca, beda dari ukuran aslinya. Dan itu cukup menjadi yang pertama dan terakhir buat saya beli ebook. Berbeda kalau kita beli buku asli, pasti hasil karya kita akan menjadi lebih cantik karena dibuat dengan hati. Pernah tahu petuah ini kan, segala sesuatu yang didapat dengan mudah, pasti akan cepat juga hilangnya.

Saya hanya kasihan dengan temen-temen yang jadi customer, ebook itu semuanya bisa di dapat gratis di google. Tapi ada aja Penjual yang nakal, menjualnya begitu aja buat temen2 yang ngga ngerti. Semoga rizkinya ngga berkah, karena sudah berbuat curang dalam adab jual-beli.

Saya salut buat temen-temen yang masih setia menjual buku-buku asli, pasar kalian adalah orang Indonesia. Hebat, kalian masih bisa bertahan. Semoga Allah merahmati kalian selalu dengan rizki yang berkah.

Buat temen-temen, jika ingin menjadi seniman...hargailah seniman yang lain. Pasti nanti akan jauh lebih hebat!!!! Belilah buku asli, meskipun harganya mahal....atau lebih baik beli buku bekas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar