Kamis, 02 September 2010

Membaca Pola Jepang

Buat yang baru belajar merajut seperti saya, pastinya pas pertama-tama masih bingung cara membaca pola jepang. Mungkin ini pengalaman saya pas pertama kali merajut, soalnya saya juga gitu, bingung dan mumet. Tapi pas udah ngerti, jadinya malah ketagihan, hehehehe


Saya akan coba bantu temen-temen untuk memahami pola yang sederhana, polanya saya dapat dari blog ini.
Coba lihat gambar di bawah ini :
1. Yang harus teman-teman lakukan adalah, membuat lingkaran...ditandai dengan huruf  わ (wa). Kalau di buku-buku jepang, memang ada teknik sendiri dalam membuat lingkaran. Tapi tampaknya kurang populer buat kita-kita di Indonesia yang memakai pola belanda. Ganti saja dengan 5 rantai untuk lingkaran kecil atau 10 rantai untuk lingkaran besar.
2. Selanjutnya adalah, membuat 2 rantai, dan tusuk half double crochet. Dengan memasukkan benang ke dalam ring. Lalu slip stitch.
3. Lalu buat lagi 2 rantai, dan pada setiap tusukan dimasukkan tusuk half double crochet sebanyak dua kali. Sehingga membentuk huruf V.
Baca terus berurutan dari urutan baris pertama hingga baris terakhir. Permulaan tusukan di setiap barisnya, ditandai dengan angka.



Ini adalah beberapa kode yang sering digunakan dalam pola merajut buku jepang.

 
Pada dasarnya, pola merajut jepang jauh lebih menarik dibandingkan pola merajut American style. Karena berbentuk diagram. Akan tetapi kekurangannya adalah, untuk pemula mungkin bukan sarana yang tepat.
Semoga tulisan ini bermafaat, kalau ada yang kurang mengerti boleh tanya disini.

3 komentar:

  1. gan bsa,d pebnyak lgi g'??
    model pola gmbar rajutan...
    mksih,....

    BalasHapus
  2. ngga ngerti...????

    BalasHapus
  3. assalamu'alaikum
    ummu pinta bimbingannya :(

    BalasHapus